Hari Cinta Puspa dan Satwa

Posted: November 20, 2011 in Cinta Puspa dan Satwa
Tag:, ,

Setiap tanggal 5 November diperingati sebagai hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Inti dari peringatan hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) adalah untuk menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua kepada Puspa (flora) dan Satwa (fauna). Apakah anda tahu, bahwa Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) sebenarnya telah dicanangkan sejak 15 tahun lalu tepatnya pada tanggal 5 November 1993 melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993, yang saat itu di jabat oleh Presiden Soeharto

Lantas muncul pertanyaan.. bila kita memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional berarti Lingkungan kita telah berubah menjadi buruk?! YA! Secara umum 15 tahun lalu lebih baik dari pada hari ini, 150 tahun lalu lebih baik daripada 15 tahun lalu.. dan 1500 tahun lalu lebih baik daripada 150 tahun lalu..!
bencana banjir bandang wasior
Lihat apa yang terjadi dalam kurun waktu 15 tahun. Banjir sekarang telah menjadi hal yang biasa di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, Banjir juga sekarang hampir merata terjadi di seluruh Indonesia, dan yang terparah terakhir adalah yang terjadi di Wasior, Papua Barat, yang diduga terjadi karena kemungkinan besar akibat illegal logging.
badak jawa hampir punah

Ketika kita sibuk memperkaya diri, satwa liar pun tersingkir. hal ini pun akhirnya turut menggugah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akhirnya menyatakan bahwa 2010 adalah Tahun Keanekaragaman Hayati (Year of Biodiversity).
Berkaitan dengan itu, PBB mengeluarkan 10 daftar spesies hewan yang terancam punah :

  1. Harimau
  2. Beruang Kutub (Polar bear)
  3. Anjing laut Pasifik (Pacific Walrus)
  4. Penguin (Magellanic Penguin)
  5. Penyu Belimbing (Leatherback Turtle)
  6. Tuna Atlantik (Bluefin Tuna)
  7. Gorila (Mountain Gorilla)
  8. Kupu-kupu raja (Monarch Butterfly)
  9. Badak Jawa (Javan Rhinoceros)
  10. Panda (Giant Panda)

Dari daftar tersebut, dua diantaranya ada di tanah Indonesia. Harimau, dan tentu saja Badak Jawa. HArimau yang tertinggal di Negeri Kita hanyalah harimau Sumatera, sedangkan harimau Jawa dan Harimau Bali sudah punah. Apakah kita akan membiarkan Harimau Sumatera dan Badak Jawa ikut punah juga? Tentu tidak kan ? Maka dari itu jangan pernah melakukan pemburuan liar terhadap hewan-hewan di Indonesia khususnya Harimau Sumatera dan Badak Jawa.

harimau sumatera hampir punah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s