Cintai Bumi Ini

Posted: November 19, 2011 in Lingkungan
Tag:, , ,

Love EarthKita semua tinggal di bumi. Dari lahir, dewasa, tua, sampai meninggal. Kita menjalani kehidupan dan segala aktivitas di bumi. Bumi merupakan saksi dari segala hal yang kita lakukan. Bumi merupakan tempat paling sempurna untuk kita tempati. Karena Bumi lah yang melindungi kita dari benda-benda luar angkasa. Bumi sangat berjasa dalam kehidupan manusoa.

Tapi sudah berapa banyak orang yang mengotori bumi ? Apa kita sadar bahwa Bumi kita ini sudah tidak indah lagi ? Semua yang terjadi pada Bumi adalah akibat dari manusia. Namun banyak manusia yang tidak sadar akan apa yang mereka perbuat dan dampaknya terhadap Bumi ini. Seakan-akan mereka tidak berterima-kasih kepada Bumi dan melupakan segala jasa Bumi kepada manusia.

Maka dari itu , kita harus mulai cara kehidupan yang baru. Kita harus menghindari segala hal yang dapat membuat Bumi ini hancur , agar segala kerusakan yang dilakukan manusia terhadap Bumi tidak berkelanjutan lagi. Kita telah diberikan akal oleh Tuhan untuk berfikir. Maka tidak mustahil jika kita bisa melakukan hal tersebut. Kita tidak perlu melakukan hal yang berlebihan , cukup lakukan apa yang kita bisa lakukan untuk melindungi Bumi kita. Contohnya membuang sampah pada tempatnya , menghemat penggunaan listrik, air, kendaraan dan lain lain. Tapi kita juga harus mengembangkan diri kita agar dapat melakukan hal yang lebih besar. Asalkan kita memiliki niat yang kuat dan penuh rasa keikhlasan dalam menjalani hal tersebut.

Banyak orang yang mengatakan bahwa “saya sudah bosan mendengar kata BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA” , ada juga yang mengatakan bahwa “tidak adakah kata lain selain BUANGLAH SAMPAH PADA TAMPATNYA ?” bahkan ada yang mengatakan “aku muak dengan kata BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA” . Mungkin memang benar apa yang mereka katakan , tetapi apakah kita pernah melakukan hal tersebut  ? Mungkin ya mungkin tidak. Kebanyakan orang hanya melakukannya pada saat membuang sampah yang besar atau banyak , tetapi tidak melakukannya saat ada sampah yang kecil seperti sobekan kertas atau snack. Contohnya seorang siswa membuang potongan kertas di laci mejanya atau pengguna kendaraan yang membuang bungkus permen di jalanan.  Baik yang muda maupun yang tua banyak yang melakukan hal tersebut. Hal ini menunjukkan yang terpenting adalah kesadaran. Banyak juga orang yang hanya mengingatkan kepada orang disekitarnya untuk membuang sampah pada tempatnya. Tetapi dirinya sendiri tidak membuang sampah pada tempatnya. Segala hal yang baik itu harus kita mulai dari diri sendiri. “Less Talk Do More”.

Oleh karena itu, mulailah segala kebaikan dari diri sendiri , lalu tularkan kepada orang disekitar kita. Bayangkan apabila seluruh warga di desa kita membuang sampah pada tempatnya maka desa kita akan menjadi bersih , tetapi bila seluruh warga di desa kita membuang sampah sembarangan maka desa kita akan menjadi kotor.

Jadi jangan remehkan hal yang kecil , karena hal yang besar tidak akan terwujud tanpa adanya hal yang kecil. Mulailah segala kebaikan dari diri sendiri , jangan menunggu orang lain untuk melakukan kebaikan. Jadikan Bumi kita kembali indah , bersih , dan nyaman seperti dahulu. Agar anak cucu kita dapat menjalani hidup dengan nyaman di Bumi ini.

CINTAI  BUMI INI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s